SIMPLE: TUGAS PERBAIKI KEAKURAN

TUGAS PERBAIKI KEAKURAN



Tugas adalah semacam program pengujian terhadap siswa tentang materi yang sudah diajarkan, tugas ada yang merupakan keseluruhan dari materi yang diberikan, atau serpihan-serpihan kecilnya. Yang unik ialah walaupun tugas pada umumnya berupa pengulangan tapi sangat jarang dijumpai dibahasnya tugas tersebut, padahal tugas adalah tolak ukur terakhir sebelum melaksanakan ulangan.
Sikap seperti inilah yang dimanfaatkan siswa untuk bertambah kreatif, “Di mana ada kemauan di situ ada jalan” padahal jika dipikir-pikir kewajiban kita (pelajar) ialah belajar tapi ketika kita melihat rutinitas kita dijamin waktu kita akan terkuras habis pada tugas. Masih percaya kalau kita pelajar? Coba renungi kalimat di bawah ini “Belajar ialah proses menambah ilmu, mungkin kita dapatkan ilmu dari membuat tugas, tapi jika itu tak dibahas bagaimana kita tahu kerjaan kita bener apa kagak?”
Jadi kalau kita mau ngawur boleh jadi kita katakan tugas jaman sekarang itu terserah guru yang mengajar, nilainyapun sama-sama terserah. Tapi pasti ada hal menarik dari tugas, ya di saat ada tugas kita terpacu untuk menyelesaikannya, ketika kita bersemangat pastilah kreatifitas-kreatifitas akan muncul. Tapi yang namanya kreatifitas tentu berbeda antar yang satu dengan yang lain, contoh tugas matematika untuk kelas A dalam kurun waktu seminggu,namun tugas tersebut hanya butuh 2 hari di kelas tersebut, setelah dilihat ternyata soalnya berjumlah 39, padahal penghuni kelas tersebut ialah 41 dan mereka mengerjakannya dijatah satu orang satu nomer. Sebuah kendala akan menjadikan suatu kreasi yang baru.

0 komentar:

Posting Komentar

4shared.com - Free file sharing and storage